Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Sabtu, 16 Februari 2013

Cara Agar Percaya Diri

0 komentar

Meskipun ada banyak faktor untuk meningkatkan kepercayaan diri yang berada di luar kendali Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan secara sadar sebagai cara agar percaya diri meningkat.
Berikut ini adalah tips agar percaya diri:


1. Cara agar percaya diri dengan berpakaian pantas. Meskipun pakaian tidak membentuk karakter seseorang, tapi pakaian dapat mempengaruhi cara orang merasa tentang dirinya lewat pakaian yang ia pakai. Tidak ada yang lebih sadar terhadap penampilan fisik Anda selain Anda sendiri. Bila Anda terlihat tidak berpakaian baik, itu akan mengubah bagaimana cara Anda membawa diri dan dalam berinteraksi dengan orang lain. Gunakan pengaruh dari berpakaian pantas tersebut dengan menjaga penampilan pribadi Anda. Meningkatkan kepercayaan diri Anda dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti, mandi dan sering bercukur, mengenakan pakaian bersih, dan sadar atau tahu tentang gaya terbaru.

2. Cara agar percaya diri dengan berjalan lebih cepat. Salah satu cara termudah untuk menggambarkan apa yang sedang dirasakan oleh seseorang adalah dengan memperhatikan bagaimana cara orang tersebut berjalan. Apakah lambat? melangkah dengan berat? Atau berjalan dengan enerjik dan bersemangat? Meningkatkan kepercayaan diri dengan berjalan cepat layak Anda coba. Mereka tahu tempat untuk dituju, orang-orang yang harus ditemui, dan pekerjaan penting yang harus dilakukan. Bahkan jika Anda sedang tidak terburu-buru, Anda dapat meningkatkan rasa  Anda dengan menambahkan semangat pada langkah Anda. Berjalan 25% lebih cepat akan membuat Anda terlihat dan merasa seperti orang penting.

3. Cara agar percaya diri dengan memiliki postur yang baik. Pembawaan postur seseorang mencerminkan kepribadiannya. Orang dengan bahu merosot dan gerakan lesu menampilkan kurangnya kepercayaan diri. Mereka tidak antusias tentang apa yang mereka lakukan dan mereka tidak menganggap diri mereka penting. Dengan mempunyai postur yang baik, secara otomatis meningkatkan kepercayaan diri Anda. Berdiri tegak, tegakkan kepala Anda dan membuat kontak mata dengan lawan bicara. Anda akan membuat kesan positif pada orang lain dan langsung merasa lebih waspada dan merasa bagaikan orang penting.

4. Cara agar percaya diri dengan kata-kata motivasi. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan mendengarkan seorang motivator. Sayangnya, kesempatan untuk mendengarkan pembicara motivasi yang hebat sangat jarang sekali, terutama karena waktu dan harga seminar/training yang sangat mahal. Anda dapat mengisi kebutuhan ini dengan menciptakan sebuah iklan pribadi. Tulis pidato motivasi Anda selama 30-60 detik yang menyoroti kekuatan dan tujuan Anda. Kemudian ucapkan di depan cermin dengan suara keras (atau di dalam hati jika Anda lebih suka cara ini) setiap kali Anda membutuhkan dorongan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

5. Cara agar percaya diri dengan selalu bersyukur. Ketika Anda berfokus terlalu banyak pada apa yang Anda inginkan, pikiran Anda akan menciptakan alasan mengapa Anda tidak bisa mendapatkan keinginan-keinginan tersebut. Hal ini dikarenakan Anda memikirkan kelemahan Anda. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah secara sadar berfokus pada rasa syukur. Setiap hari sisihkanlah waktu untuk mendaftar segala sesuatu yang patut Anda syukuri. Ingatlah kesuksesan masa lalu Anda, keterampilan yang unik, hubungan cinta, dan momentum yang positif. Anda akan kagum berapa banyak yang telah Anda terima dan Anda akan termotivasi untuk melakukan langkah berikutnya menuju kesuksesan.

6. Cara agar percaya diri dengan memuji orang lain. Ketika kita berpikir negatif tentang diri kita, kita sering memproyeksikan pikiran negatif itu kepada orang lain dalam bentuk hinaan dan gosip. Sama seperti saat kita membicarakan sikap pelit orang lain, sebenarnya diri kita sendirilah orang pelit tersebut. Untuk mematahkan siklus negatif ini, membiasakanlah memuji orang lain. Coba untuk tidak terlibat dalam pembicaraan yang bernada gosip dan berusaha untuk memberikan pujian orang di sekitar Anda. Dalam proses ini, Anda akan menjadi disukai dan meningkatkan kepercayaan diri. Dengan mencari yang terbaik dalam diri orang lain, Anda secara tidak langsung membawa keluar yang terbaik dalam diri Anda.

7. Cara agar percaya diri dengan duduk di barisan depan. Di sekolah, kantor dan pertemuan publik, orang-orang selalu berusaha untuk duduk di bagian belakang ruangan. Kebanyakan orang lebih memilih duduk dibelakang karena mereka takut ketahuan. Ini mencerminkan kurangnya rasa percaya diri. Dengan memutuskan untuk duduk di barisan depan, Anda bisa melawan ketakutan irasional tersebut dan membangun rasa percaya diri Anda. Anda juga akan lebih terlihat oleh orang-orang penting yang berbicara di depan ruangan.

8. Cara agar percaya diri dengan bicara dan utarakan. Selama diskusi kelompok banyak orang tidak pernah berbicara karena mereka merasa takut atas penilaian orang lain ketika ternyata mereka mengatakan sesuatu yang bodoh. Ketakutan ini tidak meningkatkan kepercayaan diri. Umumnya, orang akan menerima ucapan kita dan hal tersebut jauh berbeda dari hal buruk yang kita bayangkan. Dengan berupaya untuk berbicara setidaknya sekali di setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara publik yang lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri dalam pendapat yang Anda utarakan, dan diakui sebagai pemimpin oleh rekan-rekan Anda.

9. Cara agar percaya diri dengan bicara perlahan dan meyakinkan. Berbicara perlahan dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu untuk hal-hal yang tidak layak didengarkan. Jika Anda bicara terlalu cepat, Anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang akan Anda katakan selanjutnya. Jika Anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang Anda katakan.

10. Cara agar percaya diri dengan berolahraga. Sama seperti penampilan pribadi, kebugaran fisik memiliki efek besar pada rasa percaya diri. Jika fisik Anda malampaui batas ideal, Anda akan merasa tidak nyaman, tidak menarik, dan kurang energik. Dengan berolahraga, Anda meningkatkan penampilan fisik Anda, memberi Anda energi, dan meningkatkan kepercayaan diri. Disiplin berolahraga tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, hal itu juga menciptakan momentum positif untuk mengawali hari Anda.

11. Cara agar percaya diri dengan fokus pada kontribusi. Sering kita terjebak dalam keinginan kita sendiri. Kita terlalu fokus pada diri kita sendiri dan tidak memperhatikan kebutuhan orang lain. Jika Anda berhenti berpikir tentang kepentingan pribadi dan berkonsentrasi pada kontribusi Anda ke lingkungan sekitar, Anda tidak akan khawatir tentang kekurangan Anda. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan memungkinkan Anda untuk berkontribusi semaksimal mungkin. Semakin Anda berkontribusi kepada dunia semakin Anda akan diganjar dengan kesuksesan dan pengakuan.

12. Cara agar percaya diri dengan tersenyum. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa negatif ketika Anda tersenyum. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan memiliki kepercayaan diri, sebaliknya Anda bisa tersenyum untuk membuat diri Anda merasa lebih baik. Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah Anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat Anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah Anda, membuat Anda merasa nyaman dengan diri Anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Anda juga akan meningkatkan kepercayaan diri di hadapan orang lain ketika Anda tersenyum.

13. Cara agar percaya diri dengan melupakan standar yang ditetapkan orang lain. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan Anda, dan sekeras apa pun Anda mencoba, Anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Terlepas dari situasi yang membuat Anda sulit meningkatkan kepercayaan diri, Anda bisa membantu diri Anda sendiri dengan berpegang pada standar yang Anda miliki. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut Anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang Anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar Anda menerimanya.

sumber :  http://suksesitubebas.com/2012/12/31/cara-agar-percaya-diri/

0 komentar: